Tempat Yang Harus Lo Kunjungi Saat Hari Pahlawan


Hari Pahlawan (Source : WordPress.com)
Hari Pahlawan (Source : SONY DSC - WordPress.com)

Halo MenLo Readers! Jadi, Apa kalian tau ada apa hari ini? Ya benar sekali hari ini (10 November 2020) tercata sebagai Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan sendiri adalah hari dimana kita mengenang Para Pahlawan kita yang telah gugur saat memperjuangkan Tanah Air tercinta.

Anyway, Aku punya beberapa rekomendasi tempat ni yang bisa kalian kunjungi untuk mengenang dan belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Yuk langsung scroll kebawah!

1. Lubang Buaya

Lubang Buaya (Source : en.wikipedia.org)
Lubang Buaya (Source : en.wikipedia.org)

Museum Lubang Buaya adalah salah satu museum bersejarah yang berada di Cipayung, Jakarta Timur.

Museum ini sendiri didirikan sebagai tempat untuk mengenang dan menghormati para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa kelam Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965.

Museum Lubang Buaya sendiri dibangun pada pertengahan Agustus 1967 di atas lahan seluas 14,6 hektar lalu diresmikan pada 1 Oktober 1973 oleh Presiden Soeharto.

Tempat ini sendiri kabarnya dulu difungsikan sebagai tempat latihan para anggota PKI, lokasi ini juga menjadi saksi bisu kekejaman PKI dalam melakukan aksi penyiksaan dan pembunuhan para jenderal dan perwira TNI-AD.

Setelah dibunuh Jenazah para jenderal dan perwira TNI-AD tersebut kemudian di buang ke dalam sumur tua dengan keadaan ditumpuk.

Kedalaman sumur yang berada di kawasan Lubang Buaya sendiri hanya 12 meter dengan diameter 75 cm.

Sumur tua ini sekarang berada di depan Monumen Pancasila dan menjadi spot utama di Kompleks Memorial Lubang Buaya.

2. Lawang Sewu (Semarang)

Lawang Sewu (Source : WordPress.com)
Lawang Sewu (Source : SONY DSC – WordPress.com)

Lawang Sewu atau Pintu Seribu adalah gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu muali dibangun pada 27 Februari 1904 dan selesai pada tahun 1907 dengan nama Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS).

Setelah ditinggal oleh NIS, Lawang Sewu dialih fungsikan oleh Belanda dan Jepang sebagai penjara. Beberapa ruangan dalam bangunan ini bahkan disulap menjadi ruangan yang menyeramkan menyeramkan seperti penjara jongkok, penjara berdiri dan ruang penyiksaan.

Penjara Jongkok sendiri adalah sebuah ruangan kecil yang memiliki tinggi tidak sampai 1 (satu) meter. Tahanan yang dimasukkan ke ruang Penjara Jongkok juga dipaksa untuk berdesak-desakan dalam keadaan berjongkok.

Sedangkan Penjara Berdiri pada awalnya digunakan sebagai lokasi penampungan tahanan. Tahanan yang tertangkap dimasukkan ke dalam ruangan tersebut dalam kondisi yang berdesak-desakan.

Hal ini memaksa mereka untuk selalu berdiri karena apabila mereka duduk, ruangan penjara akan terasa lebih sempit dan menyiksa.

Setelah kemerdekaan, Bangunan ini kemudian beralih fungsi menjadi Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer dan Kantor Wilayah Kementerian Perhubungan Jawa Tengah dan akhirnya dikosongkan pada akhir tahun 90-an.

Tempat ini juga pernah menjadi arena tempur antara pemuda AMKA melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang.

Setelah Pertempuran itu, akhirnya pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

3. Benteng Rotterdam (Makassar)

Benteng Rotterdam (Source : www.jejakpiknik.com)
Benteng Rotterdam (Source : www.jejakpiknik.com)

Benteng Rotterdam sendiri adalah salah satu saksi bisu perjuangan rakyat makasar dalam mengusir Penjajah. Ada ratusan bahkan ribuan pejuang yang gugur di medan perang saat itu.

Benteng Rotterdam sendiri dibangun pada tahun 1545, dan adalah salah satu peninggalan dari Raja Gowa ke-19. Gaya arsitektur dari bangunan ini juga sangat kental dengan pilar-pilar besar seperti yang ada pada bangungan di abad ke-16.

Benteng Rotterdam masih berdiri dengan kokoh sampai sekarang, dan menjadi salah satu destinasi Wisata yang sangat digemari wisatawan.

Lokasi Benteng Rotterdam sendiri hanya berjarak 1 km dari Pantai Losari, dan bisa ditempuh dengan membawa kendaraan pribadi.

4. Benteng Vredeburg (Yogyakarta)

Benteng Vredeburg (Source : wisatapedi.com)
Benteng Vredeburg (Source : wisatapedi.com)

Benteng Vredeburg (Yogyakarta) adalah salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda yang berada di Kota Istimewa Yogyakarta.

Benteng ini sendiri dibangun diatas tanah milik pemerintahan Keraton Jogja oleh belanda pada tahun 1765 atas persetujuan dari Sri Sultan Hamengkubuono I.

Setelah timbul perpecahan antara Belanda dan Keraton Yogyakarta, Belanda pun membuat parit kecil yang mengelilingi seluruh sisi luar Benteng Vrendeburg dan menjadikan benteng ini sebagai benteng pertahanan Belanda.

Benteng ini juga menjadi saksi perjuangan rakyat Yogyakarta untuk memerdeka-kan Indonesia.

Kini Benteng Vrederburg menjadi ikon Museum Khusus Perjuangan Nasional Rakyat Yogya dan menjadi salah satu destinasi Wisata di Yogyakarta.

5. Rumah Djiauw Kie Siong

Rumah Djiauw Kie Siong (Source : cdn2.tstatic.net)
Rumah Djiauw Kie Siong (Source : cdn2.tstatic.net)

Rumah ini merupakan rumah persinggahan Soekarno dan Hatta yang dibawa dari Perkumpulan Menteng 31 oleh para pemuda seperti Wikana, Aidit, dan Soekarni.

Rumah ini berlokasi di Dusun Bojong, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Dinamakan Rumah Djiauw Kie Siong karena rumah ini dimiliki oleh Djiauw Kie Siong yang sebenarnya adalah petani keturunan Tionghoa.

Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, pukul 04.00 WIB agar Soekarno dan Hatta dapat mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Tempat ini juga merupakan tempat terjadinya perdebatan antara golongan tua dan golongan muda.

Rumah ini sekarang dimiliki oleh cucu Djiauw Kie Siong, yaitu Yanto Djuhari. Sampai sekarang, rumah ini pun masih didatangi oleh para penggemar sejarah dan wisata.

BACA JUGA

ADA APASI DI BSD CITY ?

Daftar Hotel Unik di Indonesia, Mana yang Pengen Lo Kunjungi?

5 Fakta Menarik Nihi Sumba, Resort yang disewa Rachel Vennya

Rekomendasi Hotel Instagramable yang Murah

8 Tempat Wisata yang Bisa Lo Kunjungi di Tengah Pandemi!


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg

0 Comments

Mau Bikin Apa?
Poll
Cerita
Meme
Video