Mau Usus Lo Sehat? Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Deh!


Usus punya peranan yang penting buat tubuh kita dalam proses pencernaan.  Semua makanan yang kita konsumsi akan dicerna oleh usus. Tapi, gak semua makanan yang kita konsumsi itu bisa bikin usus sehat loh.

Kita juga harus berperan untuk menjaga kelancaran pencernaan. Biar tubuh selalu sehat. Kalo pencernaan gak lancar, lo bisa aja kena gangguan BAB atau sembelit.

Gimana sih caranya biar usus selalu sehat supaya pencernaan lancar? Lo harus konsumsi makanan yang bisa menyehatkan usus. Simak rekomendasi makanan di bawah ini!

1. Susu

Susu punya banyak manfaat loh untuk tubuh kita. Selain baik untuk kesehatan tulang, ternyata susu bisa melindungi kita dari resiko penyakit kanker usus besar.

Jangan lupa pilih susu yang rendah lemak untuk menjaga bobot tubuh kita biar gak naik. Yuk, mulai rutin konsumsi susu setiap hari! Biar usus tetap sehat~

 

2. Brokoli

Brokoli mengandung asam folat, mineral, dan vitamin C & K yang baik untuk usus. Gak cuma itu aja, kandungan serat di dalamnya juga berfungsi untuk membersihkan usus.

Selain bisa menyehatkan sistem pencernaan, Brokoli dipercaya bisa melindungi tubuh dari resiko penyakit kanker dan melawan peradangan.

 

3. Teh Hijau dan Hitam

Teh Hijau dan Hitam mempunyai kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan menghindari resiko penyakit kanker usus besar.

Selain itu, Teh Hijau sangat bagus untuk perawatan kulit. Jadi lo bisa dapet manfaat lebih dari mengonsumsi Teh Hijau.

 

4. Pisang

Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, protein, serat, dan magnesium. Selain mempunyai manfaat untuk kelancaran BAB, ternyata buah ini cocok untuk diet loh, guys.

Manfaat lainnya, yaitu bisa menjaga bakteri baik di dalam usus, melawan peradangan, dan membantu mengendalikan tekanan darah yang bisa membuat jantung sehat.

 

5. Tempe

Selain mengandung protein, juga ada kandungan probiotik dan prebiotik sebagai bakteri baik yang bisa melancarkan sistem pencernaan loh.

Tau gak lo? Ternyata jaman dulu, tempe adalah obat diare yang biasa dipakai sama orang Jawa.

 

Selain kelima makanan di atas, menurut lo makanan apa lagi nih yang bisa menyehatkan usus? Yuk komen di bawah!

 

Sumber: Detik, Halodoc

Yuk baca artikel di bawah ini!

Kronologi Hilangnya Bintang ‘Glee’ Naya Rivera di Danau Piru

Sederet Fakta dibalik Drama Secret Forest Season 2, Bikin Greget!

10 Jokes Bapak-bapak yang Aneh Tapi Ngakak Banget!

Daftar 10 Situs Streaming Film Gratis Pengganti IndoXXI

Komentar Lucu Netizen Saat Maudy Ayunda Bertengkar di Live IG


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
Syifa Aulia

0 Comments

Mau Bikin Apa?
Poll
Cerita
Meme
Video