10 Fakta Tentang Menstrual Cup dari Keracunan Hingga Keperawanan


fakta menstrual cup

Menstrual cup mulai berubah dari sebuah alternatif menjadi pengganti pembalut kaum wanita zaman sekarang. Kesadaran terhadap limbah yang menumpuk karena penggunaan pembalut adalah salah satu alasan kenapa menstrual cup jadi digemari. Tapi, ada beberapa fakta yang harus lo ketahui sebelum lo memutuskan untuk meninggalkan pembalut dan berpindah secara permanen ke menstrual cup. Pahami 10 fakta tentang menstrual cup di sini, ya!

1. Terbuat dari silikon dan karet latex

Berbeda dengan pembalut pada umumnya yang terbuat dari tumpukan kapas dan kain, menstrual cup berbahan dasar silikon dan latex. Dengan begitu, fungsi menstrual cup adalah menampung darah, sedangkan pembalut menyerapnya.

2. Tidak mengganggu

Walaupun ada sesuatu yang lo masukkin ke dalam tubuh lo, rasanya gak mengganggu kok! Jika penggunaannya dilakukan sesuai dengan anjuran, cup gak akan keluar atau bergeser ketika lo melakukan apapun, bahkan bersin.

3. Dipakai berulang kali

Menstrual cup ini emang bisa dipakai berulang kali dalam jangka 3-4 tahun. Cuma gak semua produk menstrual cup memiliki usia pemakaian yang sama. Kayak makanan, lo harus perhatiin juga masa expire-nya, ya!

4. Menampung darah 6-12 jam

Penggunaan waktu menstrual cup sebenernya tergantung banyak-sedikitnya darah yang diproduksi. Kalopun udah penuh, lo bisa dengan fleksibel membuang darah yang udah ditampung sehabis itu tinggal dipakai lagi deh.

5. Tersedia berbagai ukuran

Ukuran yang biasanya ada di pasaran adalah untuk usia 30 tahun ke bawah-belum hamil dan usia 30 tahun ke atas. Lebar keduanya sama-sama gak begitu besar kok, yaitu sekitar 3-4 cm.

6. Resiko toxic shock syndrome

Sama halnya dengan menggunakan pembalut, menstrual cup juga bisa membawa bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri penyebab penyakit keracunan darah. Walaupun begitu, resiko terkena penyakit ini lebih rendah ketika menggunakan menstrual cup ketimbang pembalut.

7. Menampung darah lebih banyak

Kemungkinan lo mengalami kebocoran karena cup yang penuh sangat kecil karena menstrual cup memiliki daya tampung sebesar 1 ons cairan. Angka tersebut dua kali lipat lebih banyak daripada daya serap sebuah pembalut.

8. Mencegah munculnya aroma kurang sedap

Darah yang keluar dan mengendap di pembalut gak jarang ngasih aroma yang kurang sedap. Dengan menstrual cup, aroma dari darah akan berkurang karena produk ini membentuk segel udara yang rapat.

9. Dapat mengganggu alat kontrasepsi

Beberapa brand menstrual cup menyarankan para penggunanya buat gak memakai produk ini bersamaan dengan alat kontrasepsi tipe IUD. Dikhawatirkan ketika lo menarik ujung dari menstrual cup, alat kontrasepsi tersebut juga ikut tercabut. Baiknya, berkonsultasi terlebih dulu sama dokter, ya!

10. Perawan tetep bisa pakai menstrual cup

Memasukkan menstrual cup ke dalam vagina gak menjadikkan lo udah gak perawan lagi, walaupun penggunaannya dapat merobek selaput dara penggunanya. Tapi, masa iya sih keperawanan seseorang cuma dinilai dari itu? Menurut para ahli, robeknya selaput dara gak bisa dijadiin indikator keperawanan karena hal ini bisa terjadi tanpa sengaja. Selaput ini bersifat tipis, jadi kemungkinannya banyak!

Setelah tau fakta tentang menstrual cup ini, lo tertarik buat beralih dari pembalut yang biasa lo pakai gak? Atau masih ragu buat mencoba hal yang baru ini? Banyakin insight dari internet dan konsultasi sama ahlinya juga, ya!

Masih banyak artikel menarik lainnya nih. Yuk dibaca!!!

Pendapat Suga Soal Keluarnya Salah Satu Member BTS

Kumpulan Resep Dessert Anti Gagal Buat Ngisi Long Weekend Lo!

5 Film Pscychological Thriller yang Bikin Muter Otak!

5 Horror Short Movie yang Bikin Merinding

Danny Green Dalam Tweets Kocak Setelah Lakers vs Blazers

5 Villa Bandung yang Terjangkau Buat Staycation

Sumber: POPBELA

Sumber gambar: Mochni

 

 

 

 


What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg

0 Comments

Mau Bikin Apa?
Poll
Cerita
Meme
Video